Sabtu, 08 September 2012

Cari Uang Dengan Affiliate Program


       Pada postingan sebelumnya saya sudah mengulas tentang produk yang bisa di jual secara online. Nah, postingan kali adalah kelanjutan dari postingan terdahulu saya tersebut. 

     Jika anda tidak produk sendiri tetapi ingin berbisnis online, anda bisa menjadi seorang affiliate. Affiliate adalah memasarkan produk orang lain dan kita akan mendapatkan komisi apabila kita berhasil menjual produk itu kepada orang lain. Komisi yang didapatkan berbeda antara program affiliate yang satu dengan program affiliate lainnya, karena tergantung pada kebijakan masing-masing pemilik produk.  

Berikut ini Jenis-jenis Affiliate program yang bisa anda jalankan:
PPS (Pay per Sale)
Jika anda mengikuti affiliate program PPS, anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang anda hasilkan. Contohnya, saya memasarkan produk Rahasia WebsitePemula. Sesuai perjanjian, saya akan mendapatkan komisi 60% dari harga produk jika saya berhasil menjual produk Rahasia Website Pemula melalui link affiliasi saya.
Apa itu link affiliasi? Link affiliasi adalah link yang diperoleh dari pemilik produk setelah anda mendaftarkan diri menjadi affiliate produk tersebut. Link affiliasi bisa anda letakkan di website atau blog anda. Jika ada pengunjung yang mengklik link tersebut lalu melakukan pembelian dari link affiliasi anda, maka anda akan mendapatkan komisi.
        Komisi bagi hasil program PPS berbeda-beda, biasanya antara 30%-75% untuk setiap penjualan yang terjadi lewat link kita. Misal, harga produk Rahasia WebsitePemula saat ini adalah Rp 250.000. Komisi yang didapat setiap kali terjadi penjualan adalah 60%. Jika anda berhasil menjual satu produk anda akan mendapatkan komisi sebesar Rp 150.000. Kalau dalam sebulan anda berhasil menjual 10 produk Rahasia Website Pemula, total komisi yang akan ditransfer ke rekening anda adalah Rp 1.500.000. Wow!!! Jumlah yang lumayan gede kan?? oia, anda tidak perlu pusing apabila anda tidak mempunyai blog atau website, karena link affiliasi anda bisa anda iklankan secara online di iklan baris, baik iklan berbayar ataupun iklan gratis.
         Memang tidak semua program PPS komisinya berkisar antara 30%-75%. Program PPS yang besar komisinya biasanya adalah produk ebook.

PPL (Pay per Lead)
     Anda akan mendapatkan komisi jika anda mereferensikan orang lain mendaftar secara gratis ke website PPL melalui link anda.

PPC (Pay per Click)
PPC adalah perusahaan periklanan. Jika anda ingin mengikuti program PPC, daftarkan dulu website anda ke perusahaan PPC. Setelah mendaftar, anda akan diberi script untuk di copy paste di website anda. Jika ada pengunjung website anda yang tertarik untuk mengklik iklan PPC yang ada di website anda maka anda akan mendapatkan komisi setiap kali ada pengunjung yang melakukan klik.
Anda sebagai pemilik website tidak boleh mengklik di website sendiri, karena kalau ketahuan anda bisa di D.O. Perusahaan PPC mempunyai system tracking yang bisa mengetahui kecurangan anda. Contoh perusahaan PPC luar negeri adalah google adsense, sedangkan kliksaya.com, klikajadeh.com adalah contoh perusahaan PPC dalam negeri. Untuk PPC local harga perkliknya antara Rp 400 sampai Rp 1000. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar