Rabu, 05 September 2012

Tips Aman Berkendara



Hai Hai Hai….
Hello sobat semuanya,. Kali ini saya mau berbagi tips aman berkendara.

“Loh kok tips aman berkendara sih? Ini kan blog tips dan trik peluang bisnis online. Ko postingan yang ini beda banget sama Judul blognya?”.

Hahahaa… Mungkin pertanyaan di atas muncul dipikiran sobat semuanya. Ehmm emang rada aneh sih postingan saya kali dengan Judul blog. Melesat sangat jauh dari tujuan semula. Tapi tak apalah. Anggap saja saya sedang curhat di blog ini.

Satu setengah bulan yang lalu atau lebih tepatnya lagi 5 hari sebelum Bulan suci Ramadhan, saya mengalami kecelakaan. Ngeri juga ya kalau mendengar kata kecelakaan. Untunglah kecelakaan yang saya alami tidak mengancam nyawa saya. Tetapi cukup merisaukan juga karena saya harus menginap di RSUD Banyumas lalu pindah ke RS Orthopaedi Purwokerto untuk menjalani operasi bedah mulut, karena sendi rahang sebelah kiri patah. Sebenarnya operasi yang saya jalani agak telat, karena 2 minggu pasca kecelakaan baru ketahuan sendi rahangnya patah. Saya bersyukur sekali karena rahang saya masih bisa dibenerin dan sekarang rahangnya sudah berfungsi seperti sedia kala meskipun tidak sesempurna sebelumnya.

Berikut tips aman berkendara. Praktekkin ya… :D
  • Selalu pakai kelengkapan berkendara
  • Bagi pengendara roda empat, jangan lupa untuk selalu memakai sabuk pengaman, sedangkan bagi pengendara sepeda motor helm selalu ya. Helm sangat penting bagi keselamatan pengendara, karena menjaga kepala dari benturan serta melindungi mata dari debu jalanan yang dapat menggangu penglihatan. Pakai juga jaket, sarung tangan, dan sepatu untuk melindungi tubuh dari panas matahari dan angin.
  • Bawa selalu kelengkapan surat kendaraan
  • Kemanapun pergi bawalah selalu surat-surat kendaraan. Selain agar tidak ditilang polisi, surat kendaraan menghindari rasa was-was. Coba kalau pas lagi berkendara tiba-tiba dengar suara sirine polisi padahal mobil ambulance, atau melihat ada orang berbaju coklat coklat mengikuti di belakang kita. Padahal bukan. Tentu akan membuat hati kita takut dan was was sehingga konsentrasi menjalankan kendaraan berkurang. Wuah itu sih yang pernah saya alami. Hehe… :D
  • Patuhi peraturan lalu lintas
  • “Peraturan dibuat untuk dilanggar”
    Kalimat ini yang sering kali di ucapkan para remaja ketika melanggar peraturan sekolah. Salah besar. Peraturan itu harus ditegakkan. Untuk peraturan lalu lintas jangan coba-coba dilanggar, karena apabila dilanggar dapat membahayakan keselamatan para pengendara. Oleh sebab itu, mematuhi peraturan lalu lintas merupakan kewajiban semua pengguna jalan.
  • Konsentrasi
  • Konsentrasi sangat diperlukan dalam berkendara. Bayangkan saja apabila pengendara mengantuk atau melamun. Konsentrasi pasti akan berkurang, sehingga membahayakan keselamatan pengendara. Banyak loh kecelakaan yang disebabkan karena rasa kantuk itu.
  •  Tepat perhitungan
  • Perhitungan yang tepat sangat diperlukan dalam berkendara. Sah-sah saja apabila kita berkendara dengan kecepatan yang tinggi di jalanan yang lurus dan kosong, tetapi kurangilah kecepatan ketika melewati perkampungan atau keramaian. Perhitungkan juga jarak dengaan kendaraan di depannya apabila akan menyalip kendaraan lain. apabila jarak dengan kendaraan di depannya terlalu dekat, urungkan dulu niat untuk menyalip.
  • Pengecekan rutin terhadap kendaraan anda
  • Pengecekan terhadap mesin kendaraan merupakan hal yang sangat penting. Lakukanlah pengecekan dan service mesin kendaraan secara berkala. Apabila akan melakukan perjalanan jauh lakukan juga pengecekan dan service kendaraan, termasuk kondisi rem, lampu, tekanan udara ban dan oli.



Berhati-hatilah dalam berkendara ya sobat. Dengan begitu kita dapat selamat sampai tujuan. Jangan lupa juga berdoa dulu setiap mau berkendara.



Terima kasih banyak kepada dokter yang menangani saya
drg. Helmi Hirawan, Sp.BM.
Maaf sudah banyak merepotkan ya pak dokter   :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar